0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilgub Jabar, PDIP Ada Opsi Usung Ridwan Kamil

Ridwan Kamil, Walikota Bandung (dok.merdeka.com)

Timlo.net — PDIP menjadi satu-satunya partai yang belum menentukan sikap baik soal koalisi atau calon yang akan diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Wasekjen PDIP Eriko Sutarduga mengatakan, partainya menyiapkan tiga opsi.

Pertama, PDIP akan berjuang sendiri dan mengusung skenario pasangan kader internal dengan internal atau kader internal dengan eksternal. Nama-nama kader internal yang dilirik diantaranya Ketua DPD Jawa Barat TB Hasanuddin, Puti Guntur Soekarnoputra, Bupati Majalengka Sutrisno hingga Rieke Diah Pitaloka.

Sementara di kalangan eksternal, ada nama Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, Wakalemdikpol Anton Charliyan.

“Kita sudah menyiapkan tiga opsi, pertama kita maju sendiri,” kata Eriko saat dihubungi, Kamis (28/12).

Eriko menyebut opsi kedua yakni berkomunikasi dengan PPP, PKB dan Hanura untuk membicarakan kemungkinan koalisi sekaligus menentukan Cagub Jabar baru.

Atau, opsi terakhir, kata Eriko adalah membuka peluang kembali mendukung Ridwan Kamil bersama PPP, PKB dan NasDem. Eriko menuturkan, opsi ini terbuka jika Emil sapaan Ridwan Kamil (RK) belum menentukan calon wakilnya.

“Kami membuka diri bila mana RK melakukan komunikasi dengan kita. Karena dengan PPP, PKB belum ada kepastian masalah wakil,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Eriko, saat ini partainya belum menjalin komunikasi dengan PKB, PPP, NasDem, Hanura hingga Golkar. PDIP masih mengevaluasi dinamika di Jabar dan membuka diri bagi partai lain yang ingin bergabung.

“Belum ada (komunikasi). Tetapi perkembangan baru kita membuka diri. Sampai pendaftaran terakhir, di samping itu kita PDIP punya,” klaim Eriko.

Saat ini, telah terbentuk tiga poros di Pilgub Jabar, yaitu poros PPP, PKB dan NasDem mengusung Emil. Poros kedua, Gerindra, PKS dan PAN mengusung pasangan Mayjen (purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu. Poros berikutnya adalah Partai Golkar dan Demokrat serta Hanura yang hampir merapat.

Namun, Golkar dan Demokrat belum menentukan posisi Deddy Mizwar atau Dedi Mulyadi di posisi Cagub atau Cawagub. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge