0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Sampah, Solo Bentuk Tim Sapu Bersih Lingkungan

TPA Putri Cempo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencatat volume kenaikan sampah di Kota Bengawan terus meningkat setiap harinya. Sampah personal yang dihasilkan setiap orang di Solo mencapai 2,5 liter setiap harinya.

“Saat ini volume pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo sudah mencapai 280 ton perharinya, dan akan terus meningkat saat mendekati libur akhir tahun,” ungkap Kepala DLH Kota Solo, Hasta Gunawan, Kamis (28/12).

DLH memperkirakan peningkatan produksi sampah akan terus meningkat seiring perkembangan jumlah penduduk. Berbagai upaya pun terus dilakukan untuk menekan volume pembuangan sampah tersebut, seperti dengan penambahan TPS Mobile, dan Bank Sampah.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah. Salah satunya dengan membentuk Tim Sapu Bersih Lingkungan (Saberling) dan Sistem Pengawasan Masyarakat Lingkungan (Siswamasling).

“Di kelurahan dan kecamatan sudah kita bentuk. Untuk mensosialisasikan masalah yang pelik, seperti limbah, sampah, sama melakukan kegiatan peduli lingkungan. Kalau Saberling mereka bersama masyarakat membersihkan lingkungan, ini terus menerus kita lakukan,” kata dia.

Terkait mengenai penanganan sampah pada malam pergantian tahun, Hasta mengatakan pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan yang akan melakukan pembersihan.

“Kita siapkan puluhan petugas kebersihan, sehingga setelah gelaran malam pergantian tahun sudah bersih seperti semula,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge