0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nginap di Desa Gembol, Ganjar Setuju Blora Bangun Bandara 

GUbernur Jateng Ganjar Pranowo menginap di Desa Gembol, Kecamatan Bogosari, Kabupaten Blora (dok.timlo.net/ist)

Blora — Sejak awal menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo rutin menginap di desa setiap pekan. Kebiasaan itu terus dilakukan hingga sekarang. Semalam, Ganjar menginap di Desa Gembol, Kecamatan Bogosari, Kabupaten Blora.

Gubernur berambut putih itu memang sedang kunjungan kerja roadshow di Blora sejak Rabu (27/12). Seharian, ia berkeliling Kota Minyak itu hingga sore. Termasuk mengunjungi Komunitas Difabel Blora Mustika. Malam harinya, Ganjar sudah berada di Desa Gembol.

Sesampai di sana ia ngobrol dengan seribuan warga dalam acara bertajuk Ngopi Bareng Ganjar.

Dalam dialog selama tiga jam itu, Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arief Rohman ikut hadir. Beragam persoalan dibahas bersama. Dari sarana air bersih dan irigasi, program untuk UMKM, guru tidak tetap, dan infrastruktur. Salah satunya yang menarik perihal rencana Pemkab Blora mengajukan pembangunan bandar udara (Bandara).

Ganjar mendukung rencana tersebut dan akan mendorong dengan menyampaikan langsung pada Menteri Perhubungan.

“Blora sudah saatnya punya Bandara. Akan saya dorong, besok saya ada undangan sama Pak Menteri Perhububgan dialog sama masyarakat transportasi, akan saya sampaikan. Daripada Bojonegoro masih bingung cari lokasi, saya berharap bisa didahului Blora ini yang pertumbuhan ekonominya tertinggi se Indonesia 23 persen, yang lain cuma 5 sampai 7 persen,” paparnya.

Usai dialog yang penuh canda itu, Ganjar menuju ke rumah milik Sutandi (62). Rumah joglo yang seluruhnya dari kayu jati tua itu dipilih Ganjar sebagai tempat menginap. “Saya suka rumahnya, ini katanya sudah empat turunan masih asli,” katanya.

Setelah makan malam dan beramah tamah dengan pemilik rumah, Ganjar pamit istirahat. Kamar yang digunakan Ganjar nampak sederhana dengan dinding kayu dan dipan tua. Sebuah kipas angin nampak berdiri di pojok kamar. “Saya izin masuk dulu,  sudah nguantuk hehe,” kata Ganjar.

“Monggo Pak Gub, mohon maaf tempatnya seperti ini, panas. Nyamuknya kadang banyak pak,” balas Sutandi.

Pagi harinya Kamis (28/12/2017), Ganjar pamit melanjutkan roadshow di Blora. Ia berangkat pujul 07.00 WIB, setelah sebelumnya sarapan bersama dengan warga.

Ganjar mengaku sangat senang dengan keramahan warga. Di luar itu, warga Desa Gembol dan sekitarnya memiliki semangat yang tinggi untuk berusaha.

“Di sini warganya tidak terlalu banyak, tapi semangatnya tinggi. Semalam komunikasinya bagus, semua menyampaikan, usulannya banyak, kegiatannya luar biasa,” katanya.

Ganjar juga terkesan dengan menu sarapan paginya yakni sambal pecel dan ikan asin. “Sambele puedess, top pokok’e. Suasana seperti ini yang selalu ngangeni. Bisa makan bareng, kekeluargaannya tinggi,”  katanya.

Itulah mengapa Ganjar selalu ketagihan menginap di desa. Ia melakukannya sekali setiap pekan. “Setiap rabu kamis saya keliling ke daerah, nginapnya ya di desa-desa seperti ini. Merasakan sebenar-benarnya persaudaraan yang berkembang di sini, berikut masalah sosialnya,” ujarnya.

Ketika Ganjar berpamitan, Sutandi mengucapkan terimakasih atas kunjungan gubernur. Ia menyatakan, kedatangan Ganjar adalah sejarah. “Datang saja sudah sejarah, baru pertama ini desa kami didatangi pejabat provinsi. Lha kok ini yang rawuh Pak Gubernur langsung, malah menginap juga,” katanya didampingi istrinya, Yani Hastuti (59). (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge