0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelajar Sragen Ajak Masyarakat Hindari AIDS

Aksi Hari AIDS (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Masalah penyebaran penyakit HIV/AIDS tidak hanya menjadi keprihatinan pemerintah daerah dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Namun para pelajar di Kabupaten Sragen juga tergerak untuk mengajak masyarakat untuk menghindari penyakit mematikan tersebut.

Upaya itu terlihat saat ratusan pelajar dari 40 sekolah tingkat SMA, SMK dan MA di Bumi Sukowati memperingati Hari Sukarelawan PMI di Alun-alun Sasana Langen Putra, Selasa (26/12). Mereka menggelar aksi ajakan untuk menghindari HIV/AIDS dengan membentangkan spanduk bertuliskan “Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya”.

“Kegiatan ini sebagai peringatan Hari HIV sedunia dan memperingati Hari Sukarelawan PMI. Kami juga ingin menarik masyarakat untuk lebih menyukarelakan demi kemanusiaan,” kata Andika Dian Rustanto, siswa SMA Negeri 1 Tangen.

Andika menuturkan, aksi mereka bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat yang melintas di Jalan Raya Sukowati dan sekitar alun-alun tentang bahaya HIV/AIDS. Dengan aksi suka relawan tersebut masyarakat cepat mengerti bahwa HIV adalah penyakit yang mematikan di seluruh dunia.

“Kita mengajak kepada masyarakat agar menjauhi AIDS, bukan menjauhi orangnya, karena apa penyakit ini belum ada obatnya,” ujarnya.

Anggota Markas PMI Sragen, Warseno, pihaknya sengaja mengundang perwakilan pelajar SMA, SMK dan MA di Kabupaten Sragen yang juga sebagai generasi muda Palang Merah Remaja (PMR) ikut bergabung mengelar aksi Hari AIDS dan Hari Hari Sukarelawan PMI.

Selain kampanye anti AIDS, pihaknya juga menyosialisasikan kepada masyarakat tentang Undang-undang Palang Merah Indonesia yang telah disahkan pada 11 Desember 2017 lalu.

“Tepat tanggal 11 Desember kemarin undang-undang disahkan. Intinya kita sudah punya payung hukum, kita di manapun di seluruh Indonesia setiap dikirim ke tempat bencana kita punya payung hukum,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge