0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Restorasi Bungker Balaikota Hampir Selesai, Pemanfaatan Tunggu Instruksi Walikota

Bungker Balaikota (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Restorasi bungker di dalam lingkungan Balaikota Solo hampir selesai. Selain menambal retakan-retakan di lantai dan tembok bungker, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga mempercantik kawasan di sekitar bungker dengan lantai keramik dan railing kaca.

“Sudah hampir selesai. Tinggal menunggu kapan mau dimanfaatkan pak wali (Walikota),” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Solo, Taufan Basuki kepada wartawan, Rabu (27/12).

Pantauan timlo.net, semua bagian sudah selesai dikerjakan. Bahkan pekerja yang beberapa pekan terakhir selalu lembur tak lagi beraktivitas sejak sore tadi. Pagar kaca keliling sudah hampir selesai dipasang lengkap dengan papan nama bertuliskan “Bungker Balaikota Surakarta”. Hanya lembar kaca saja yang belum terpasang.

Konsultan Pengawas Restorasi, Muhammad Nur Kholis mengatakan restorasi dilaksanakan dengan ekstra hati-hati. Pasalnya, bungker peninggalan Belanda itu berpotensi tinggi menjadi Benda Cagar Budaya. Untuk itu, selama pengerjaan, kontraktor merangkul Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Setiap tahap kita konsultasikan supaya tidak mengubah bangunan asli,” kata dia.

Bungker yang terletak di sekitar Gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) itu mulai digali sejak tahun 2012 silam. Penggalian dilakukan setelah Pemkot mendapat informasi dari salah satu sesepuh yang tinggal di sekitar Balaikota tentang keberadaan bungker itu. Usai digali, bungker tersebut sempat mangkrak hingga akhirnya Pemkot merestorasinya tahun ini.

Bungker Balaikota (timlo.net/ichsan rosyid)

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge