0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pasien Suspect Difteri Dipulangkan, Begini Kondisinya

ilustrasi pasien (merdeka.com)

Wonogiri — Pasien suspect difteri, WN (27) warga Girimarto sudah dipulangkan dari RSUD dr Soediran Mangun Sumarso, Sabtu (23/12). Kondisi pasien sudah bisa makan minum tidak ada keluhan nyeri telan. Namun si pasien ada riwayat diabetus melitus (DM) yang harus terus dipantau.

“Dirawat selama empat hari yang merawat dokter Tavip spesialis THT dan Dokter Sudaryono spesialis penyakit dalam,” kata Direktur RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri Setyarini melalui Plt Kabid Pelayanan Medis Heri Triyono, Rabu (27/12).

Dia juga menegaskan, secara umum kondisi pasien sudah membaik. Hanya riwayat DM pasien yang harus terus dipantau.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten(DKK) Wonogiri, Adhi Dharma mengatakan, dengan adanya suspect dipteri membuat seluruh tenaga kesehatan di Wonogiri lebih waspada. Meskipun pada akhirnya dua pasien suspect difteri tersebut dinyatakan belum masuk pada kriteria difteri.

“Ya tidak apa-apa, artinya dengan adanya suspect ini kan kita selalu waspada. Daripada terlena,” kata dia.

Adhi Dharma menyebut kasus difteri pernah ditemukan di Wonogiri pada 2009 lalu. Saat itu selain penderita difteri, juga ditemukan adanya warga yang diduga menjadi carrier (pembawa) bakteri tersebut.

“Terakhir ditemukan pada 2009 lalu. dialami oleh seorang anak usia balita dari Kecamatan Giritontro,” katanya.

Pada saat itu, sebenarnya penderita telah menerima imunisasi secara lengkap. Hanya saja,  kondisi fisik penderita kemungkinan sedang buruk ketika terinfeksi bakteri tersebut.

Dia menambahkan, beruntung anak tersebut dapat terdiagnosa secara cepat sehingga segera mendapatkan pertolongan. Penyakit tersebut dapat dicegah dengan pemberian imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) kepada bayi.

“Bakteri difteri sering dibawa oleh carrier (pembawa) yang telah berusia dewasa. Hanya saja, keberadaan carrier tersebut sulit terdeteksi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge