0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akhir Tahun, Penjualan Properti Cenderung Turun

seorang pengunjung sedang melihat pameran properti (Setyo Piujis)

Solo – Trend penjualan properti pada periode akhir tahun dianggap cenderung terjadi penurunan oleh para pengembang. Penyebabnya, karena rendahnya daya beli masyarakat serta program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang disalurkan sejumlah perbankan sudah mulai tutup sejak awal bulan lalu.

“Kalau untuk alasan persisnya belum tahu. Tapi biasanya kalau trend akhir tahun memang demikian. Apalagi program FLPP yang digunakan untuk membantu pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sudah mulai ditutup sejak 8 Desember lalu,” ujar Ketua DPD REI Jateng, Prijanto kepada wartawan, Rabu (27/12).

Selama satu tahun terakhir, ia menyebut rumah subsidi dengan program FLPP dari pemerintah cukup banyak diminati masyarakat. Bahkan dari 8.500 unit rumah untuk semua tipe yang terjual di Jawa Tengah, sekitar  5.000 unitnya disumbang dari rumah subsidi.

Oleh karena, ia berharap pada periode tahun depan peningkatan UMK yang sudah ditetapkan pemerintah bisa dapat segera disesuaikan oleh perusahaan. Hal itu sangat diperlukan, agar daya beli masyarakat juga dapat terdongkrak.

“Karena setiap tahun harga properti terus naik, dengan kisaran lima hingga sepuluh persen. Jadi kalau tidak dibarengi dengan penyesuaian UMK yang semestinya naik setiap tahun, tentu daya beli masyarakat tidak mampu menjangkau,” jelasnya.

Tidak hanya soal UMK, Prijanto juga menyampaikan untuk dapat mendongkrak sektor bisnis properti di Jawa Tengah dibutuhkan pula sinergisitas lintas stake holder. Sinergisitas tersebut diperlukan agar kendala soal perijinan tidak terulang lagi pada tahun depan.

“Karena kalau berbicara Jateng, khususnya Soloraya potensinya ini cukup tinggi untuk bisa dibangun perumahan. Hanya saja untuk tahun ini proses pembangun itu tidak dapat maksimal karena terkendala proses perijinan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge