0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alur Retakan Mengancam Belasan Rumah Lainnya

Forkopimcam berdialog dengan warga di area longsor Tawangmangu. (ist)

Karanganyar — Selain tiga rumah rusak akibat longsor di Dusun Ngudal Rt 02/Rw X Desa Nglebak, Tawangmangu, Rabu (27/12) pukul 06.00 WIB, belasan lainnya di lokasi itu juga terancam mengalami hal serupa. Sehingga, warga setempat diminta ekstra waspada.

“Penghuni di tiga rumah rusak diminta mengungsi.  Sedangkan puluhan lainnya harus waspada. Terdapat 20 rumah yang mepet di tebing. Longsor ini dipicu hujan deras. Sehingga jika turun hujan, ada baiknya pindah ke tempat lebih aman dulu,” kata Camat Tawangmangu Rusdiyanto kepada wartawan, Rabu.

Langkah antisipasi tersebut sedang dihabas bersama tim BPBD, pemerintah desa dan kecamatan serta forkopimcam Tawangmangu. Penghuni tiga rumah rusak, yakni Sugiyem, Patno dan Paimin disarankan mengungsi ke rumah kadus. Namun, mereka memilih mengungsi di tempat kerabat di kampung sebelah. Saksi menyaksikan bagian belakang atau dapur milik korban retak. Panjangnya 12 meter tebal 7 meter dan tinggi 10 meter.

Berdasarkan penghitungan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, kerugian materi mencapai Rp 100 Juta. Warga bersama sukarelawan mengevakuasi barang-barang korban yang masih bisa diselamatkan. Kondisi saat ini, rumah-rumah itu sudah dikosongkan. Penanganan sementara dengan memasang sak pasir di tepian tebing untuk menggantikan fondasi yang ambrol.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge