0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Disabilitas, Mulai Pameran Sampai Pentas Seni

Ketua Umum RBM Sukoharjo Serahkan bantuan peralatan disabilitas (foto: Putra Kurniawan)

Sukoharjo – Peringatan hari Disabilitas Internasional (HDI) diwarnai dengan ajang kreativitas para penyandang disabilitas dari berbagai daerah se-Kabupaten Sukoharjo. Diharapkan untuk mendorong kemandirian penyandang disabilitas, dapat terjalinnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Jumlah di Kabupaten Sukoharjo sampai saat ini ada 5.615 orang penyandang disabilitas dengan berbagai ragam tipe disabilitasnya. Dan dalam kesempatan ini juga ditampilkan berbagai macam kreativitas dan potensi dari saudara kita penyandang disabilitas yang sangat luar biasa,” kata Plt kepala Dinas Sosial Sukoharjo, Sarmadi, Rabu (27/12).

Dalam puncak peringatan ini juga digelar kegiatan bazaar atau pameran hasil produk disabilitas, sanggar, SLB, ITMI dan Kube, pijat gratis oleh ikatan tuna netra muslim Indonesia (ITMI ). Selain itu masih ada potong rambut gratis oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo, pemeriksaan laborat gula darah dan pentas seni siswa SLB dari berbagai daerah.

Dalam puncak peringatan HDI ini juga dilakukan penyerahan alat bantu disabilitas berupa kursi roda sebanyak 14 buah, walker 6 buah, alat bantu dengar 18 buah, alat bantu dengar khusus 5 buah dan kaki palsu sebanyak 4 buah. Juga menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) dari Kemensos RI bagi 96 orang difabel dengan total sebesar Rp.396.994.000.

“Saya harap Ketua RBM dan bisa lewat TP PKK juga bisa jemput bola untuk mendata warganya yang berkebutuhan khusus. Karena Bupati Sukoharjo wardoyo Wijaya lewat berbagai kebijakannya memberikan perhatian penuh kepada penyandang disabilitas di kabupaten Sukoharjo,” tandas Ketua Umum Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo, Etik Suryani.

Di Sukoharjo sendiri sudah berjalan program bantuan kesehatan bagi semua penyandang disabilitas gratis, bantuan modal kepada 22 kelompok usaha bersama (KUBE) dengan harapan kaum disabilitas di Sukoharjo dapat hidup mandiri dengan usaha KUBE. Selain itu orang dengan kecacatan berat per orang diberikan bantuan Rp 300 Ribu per bulan dengan jumlah 65 orang dengan kategori cacat berat.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge