0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rutan Solo Dapat Bantuan Mesin X-Ray

Rutan Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rutan Kelas IA Kota Solo mendapat bantuan mesin X-Ray dari Kementerian Hukum dan HAM beberapa waktu lalu. Mesin tersebut digunakan untuk mendeteksi pengunjung yang membesuk warga binaan.

“Mesin X-Ray datang minggu kemarin,” terang Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Solo, Solichin, Rabu (27/12).

Bantuan mesin tersebut diberikan setelah terbongkarnya kasus pengiriman 600 ribu pil ektasi yang diotaki oleh salah seorang narapidana narkoba di Rutan Solo beberapa waktu lalu.

Terkait operasional mesin X-Ray, Solichin mengaku jika pihaknya telah melatih dua petugas untuk mengoperasikannya.

“Kemarin, dua petugas kami sudah dilatih selama sebulan di Jakarta,” jelasnya.

Meski begitu, kata Solichin, mesin X-Ray bukan hal utama dalam pemeriksaan pengunjung yang membesuk warga binaan. Rencananya, mesin X-Ray akan diletakkan di ring pertama. Sedangkan, di ring kedua akan ada petugas lain yang melakukan pemeriksaan menyeluruh.

“Keamanan akan dibuat berlapis. Mesin X-Ray diletakkan di ring pertama. Nanti, ada lagi petugas yang memeriksa di ring kedua lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, tersangka kasus penyelundupan ratusan ribu pil ektasi, Andang Anggara merupakan terpidana kasus narkoba dan menjalani pidana di Rutan Solo. Meski berada di dalam tahanan, Andang mampu mengkoordinir penyelundupan barang haram asal Belanda tesebut. Andang menggunakan handphone yang diselundupkan ke Rutan Solo untuk mengkoordinir sepak terjangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge