0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

WHO Golongkan “Gangguan Gaming” Sebagai Gangguan Mental

Bermain video game. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Menurut beberapa studi, bermain video game tidaklah seburuk yang dikatakan beberapa pihak. Bahkan beberapa penelitian mengungkap manfaat kesehatan video game. Tapi seperti semua hal di dunia, moderasi adalah kuncinya. Oleh karena itu World Health Organization (WHO) menyatakan bermain video game secara berlebihan bisa dianggap sebagai gangguan mental.

WHO menyebut aktivitas bermain game berlebihan itu sebagai “gaming disorder”. Menurut konsep organisasi itu, gangguan itu bisa didiagnosa jika ada kerusakan yang signifikan dalam kehidupan pribadi, keluarga, sosial, edukasional, profesi atau area penting lainnya.

Pada dasarnya jika Anda bermain video game sesekali, maka Anda mungkin tidak mengalami gangguan ini, tulis Ubergizmo. Akan tetapi, jika Anda kehilangan kendali diri saat bermain game. Bahkan prioritas hidup Anda kacau dan kehilangan minat terhadap aktivitas lain, maka Anda mungkin mengalami gangguan ini.

Berita jika gamer begitu kecanduan bermain game hingga mereka mengabaikan kesehatan dan mati sudah terdengar beberapa kali. Atau mereka keasyikan bermain game hingga mengabaikan kesehatan dan kesejahteraan orang lain juga beberapa kali terdengar.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge