0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Perlukah Minum Air Saat Terbangun di Malam Hari?

Tidur. (mirror.co.uk)

Timlo.net—Tubuh manusia rupanya telah mengembangkan mekanisme yang cukup cerdik supaya tidak terganggu saat tidur di malam hari. Bangun pada malam hari karena haus adalah hal yang jarang terjadi. Bahkan, jika orang minum cukup air sebelum tidur, hal ini seharusnya tidak pernah terjadi. Jika hal ini terjadi, biasanya orang tersebut kurang minum air sebelum tidur. Saat orang terjaga, orang biasanya tidak bisa menahan haus lebih dari 10 hingga 12 jam. Tapi saat orang tertidur, mereka tidak mengalami masalah menahan haus, tulis Nature News.

Menurut penelitian yang diadakan beberapa tahun lalu, jam internal tubuh bertanggung jawab langsung untuk kemampuan menahan haus saat tidur. Jam itu memiliki kontrol langsung terhadap hormon yang mengatur kebutuhan untuk mengkonsumsi atau membuat cairan. Mekanisme langsung ini diteliti dalam jurnal ilmiah Nature Neuroscience oleh ahli fisiologis syaraf Eric Trudel dan Charles Bourque. Kedua peneliti itu berasal dari the Research Institute of the McGill University Health Center, Montreal, Kanada. Keduanya menyatakan jika hormon itu disebut vasopressin. Hormon tersebut bertanggung jawab menyimpan air selama malam hari.

Mereka berpendapat jika ritme sirkadian atau jam internal tubuh saat tidur akan mengaktifkan sel-sel untuk menghasilkan vasopressin. Hormon itu memerintahkan tubuh untuk menyimpan air.

“Kami sudah tahu selama bertahun-tahun jika ada ritme vasopressin yang meninggi saat Anda tertidur. Tapi tidak ada yang tahu jika hal itu terjadi. Dan grup ini mengidentifikasi sebuah mekanisme fisiologis yang sangat konkret tentang bagaimana itu terjadi,” tambah ahli syaraf Christopher Colwell dari University of California di Los Angeles. Dia meneliti hubungan antara tidur dan ritme sirkadian selama bertahun-tahun.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge