0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pertolongan Pertama Kurang dari 15 Menit

Simulasi penanganan korban serangan jantung oleh tim public safety centre (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kecepatan dan ketepatan memberikan pertolongan pada pasien gawat darurat menentukan keselamatan nyawanya. Dalam hal ini, tim public safety centre (PSC) hanya memiliki waktu respons maksimal 15 menit.

“Kurang dari 15 menit harus sudah mencapai lokasi korban. Waktu sangat menentukan keselamatan jiwanya. Kami dituntut bergerak cepat dan tepat. Kuncinya pada koordinasi dengan lingkungan sekitar,” kata Taufan Setiarno, operator dan perawat medis di PSC kepada Timlo.net, Senin (25/12).

Petugas Puskesmas Jenawi yang diperbantukan di tim PSC ini mengantongi sertifikat lulus pelatihan kegawatdaruratan. Tiap tim terdiri dua operator, seorang sopir dan dua paramedis. Terdapat tiga shift kerja harian tim itu. Saat di ruang call centre PSC gedung Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Taufan sedang bertugas dengan rekannya. Beberapa telepon masuk seperti laporan warga terserang epilepsi dan anak tercebur sumur.

“Saat rekan saya menerima telepon, saya menghubungi SAR, pemadam kebakaran atau PMI. Juga faskes terdekat di lokasi. Sebenarnya banyak kasus, misalnya kecelakaan. Di ujung telepon, kami mengedukasi pelapor untuk melakukan tindakan pertolongan pertama sebelum tim medis tiba. Detik demi detik sangat berharga bagi keselamatan korban, terutama ketika terjadi perdarahan,” katanya.

Pelapor kejadian tidak hanya dari masyarakat, namun bisa pula kepolisian, BPBD, pemadam kebakaran dan PMI. Untuk sementara, mereka bisa menelepon ke call centre PSC 119 di 0271-495226.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge