0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malware Ubah Facebook Messenger Jadi Tambang Uang Digital

Facebook World Effects. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Sebuah pemberitaan baru menyatakan jika para hacker menciptakan malware yang menyerang para pengguna Facebook Messenger. Malware itu akan menginfeksi aplikasi perpesanan itu dan menggunakannya untuk menambang mata uang digital Monero. Malware itu disebut Digmine dan ditemukan oleh para peneliti dari perusahaan keamanan cyber Trend Micro. Malware itu menyerang sebanyak mungkin aplikasi Facebook Messenger. Para peneliti juga mengungkapkan kekuatiran jika malware bisa menyerang untuk mengambil alih akun Facebook.

Malware itu didesain supaya terlihat seperti file video, tulis Trend Micro dilansir oleh Ubergizmo. Malware itu hanya menyebar saat orang menggunakan Facebook Messenger pada komputer dengan Google Chrome.

Jika file yang terinfeksi dibuka lewat Messenger pada platform lain seperti smartphone, malware itu tidak akan berfungsi. Jadi malware itu tidak akan menyebabkan kerusakan. Akan tetapi, hal ini tetap beresiko karena ada potensi hacker menggunakannya untuk membajak akun korban. Selain itu, malware itu memperlambat smartphone atau komputer. Juga menggunakan daftar kontak pengguna untuk mentarget teman-temannya.

“Jika akun Facebook sang pengguna diatur supaya log in secara otomatis, Digmine akan memanipulasi Facebook Messenger untuk mengirim sebuah link file ke akun Facebook teman-temannya,” tulis para peneliti Trend Micro. Pengguna Facebook Messenger harus lebih berhati-hati dengan link yang mereka buka. Jika mereka menerima link itu dari seseorang yang tidak mereka kenal, lebih baik tidak dibuka.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge