0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Berangkatkan 10 Transmigran ke Gorontalo

Para calon transmigran asal Karanganyar siap berangkat ke Gorontalo (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 10 warga dari tiga keluarga diberangkatkan ke Gorontalo dalam program transmigrasi. Mereka ditawarkan mengadu nasib lebih baik di tanah rantau.

“Tahun ini tiga keluarga, yang jumlahnya 10 orang. Asal Karangpandan, Jumantono dan Gondangrejo,” kata Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja dari Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Karanganyar kepada wartawan, Senin (25/12).

Para transmigran ini disiapkan rumah tipe 36 dan lahan 1,5 hektar untuk modal penghidupan di perantauan. Sebelumnya, mereka dilatih berwirausaha jelang pemberangkatan. Tahun ini, jumlah keluarga yang diberangkatkan transmigrasi lebih sedikit dibanding dua tahun sebelumnya masing-masing lima keluarga.

Pemkab Karanganyar memantau intens kondisi keluarga transmigran itu selama dua tahun masa pendampingan. Sepanjang masa itu, mereka diberi jatah hidup (jadup) berupa uang tunai dan beras. Selain itu, sebuah rumah tipe 36 dan modal usaha berupa 1,5 hektar lahan. Kepemilikan sah lahan dan rumah atas nama transmigran setelah dua tahun bertahan di sana.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge