0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

22 Warga Binaan Dapat Remisi, Satu Bebas Tanpa Syarat

Pemberian remisi kepada warga binaan di Rutan Solo (foto: Achmad Khalik)

Solo – Senyum sumringah nampak di wajah Heru Supanto (33), salah seorang terpidana di Rutan Kelas I Solo. Pasalnya, di hari Natal ini dirinya mendapat remisi bebas tanpa syarat diantara 22 narapidana lain yang menerima remisi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM).

“Saya sangat senang sekali. Ini hari yang sangat berarti sekali buat saya,” kata Heru.

Narapidana yang terjerat Pasal 303 tentang Perjudian tersebut mengaku kapok. Sejak Juni 2017 lalu, dirinya terpaksa mendekam di balik jeruji besi.

“Saya benar-benar kapok mas. Tidak akan mengulangi perbuatan saya kembali,” kata Warga Jaten, Karanganyar tersebut.

Sementara itu, Karutan Kota Solo, M Ulin Nuha mengatakan, ada 22 orang dari total 660 warga binaan yang diusulkan untuk mendapatkan remisi di hari raya Natal. Ke-22 warga binaan yang menerima remisi khusus tersebut merupakan kasus kriminal umum yang memiliki keyakinan Nasrani.

“Satu warga binaan menerima remisi bebas tanpa syarat, sedangkan sisanya mendapat remisi 15 hari sampai satu bulan,” terangnya.

Dikatakan, remisi merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada warga binaan yang memiliki perilaku baik selama menjalani masa tanhanan. Sehingga, warga binaan yang mendapat remisi khusus tersebut bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Selain itu, juga dapat menjadi contoh warga binaan lainnya untuk berkelakuan baik.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge