0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerusakan Insfrastruktur Akibat Siklon Cempaka Capai Puluhan Miliar

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Sebagian insfrastruktur yang ada di Kabupaten Wonogiri mengalami kerusakan akibat Siklon Cempaka. Pemkab menyebutkan, kerugian yang diakibatkan siklon tropis ini mencapai puluhan miliar rupiah.

“Sarana infrastruktur kerusakan mencapai Rp 25 miliar,” beber Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Sabtu (22/12).

Menurutnya, Pemkab sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui BNPB dan Pemprov Jateng untuk langkah penanganan dan pemulihan paska bencana. Khususnya dalam perbaikan sarana infrastruktur baik jalan dan jembatan.

“Kita punya sharing dana BTT Rp 1,9 miliar,” kata Bupati Joko Sutopo.

Untuk hunian yang mengalami kerusakan, BNPB dan Pemprov Jateng siap mengalokasikan sejumlah anggaran. Pihaknya sendiri masih menunggu pendataan tim verifikasi lapangan. Pemkab juga mengalokasikan anggaran dari APBD Rp 15 juta per unit rumah.

“Soal relokasi korban tanah longsor masih perlu kajian mitigasi yang lebih mendalam,” paparnya.

Bupati mengakui, ada keterlambatan dalam hal pendataan kerusakan pada sektor pertanian ataupun peternakan. Proses pendataan belum selesai.

“Untuk kerusakan akibat siklon cempaka pada pertanian dan peternakan belum ada pasti, karena sampai saat ini datanya masih terus bergerak dan dinas terkait masih dalam tahap input data. Masa tanggap bencana kita kan sampai 5 Januari 2018, dan saya pastikan sebelum deadline, data (kerusakan lahan pertanian dan peternakan) itu sudah final.Tapi perlu dicatat, sifatnya bukan ganti rugi secara umum, tapi kebijakan Pemkab memberi stimulan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge