0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Menuju Kampus Digital, Ini yang Dilakukan STIE AUB

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Agus Utomo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tantangan ke depan dunia pendidikan menghadapi era digital. Di mana semua akan terdigitalisasi. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus bisa melahirkan produk-produk lulusan yang mampu mengembangkan keilmuan disertai dengan perangkat yang memiliki kemampuan mendigitalisasi.

“Misalkan pembelajaran program kewirausahaan masa lalu, mahasiswa dididik untuk mampu mengembangkan kewirausaan, membuat produk kemudian menjual. Sekarang tidak hanya mampu sebatas membuat produk kemudian menjual, tetapi harus mampu melakukan digitalisasi marketing. Menjual secara on line,” tandas Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Agus Utomo kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, Sabtu (23/12).

Dalam hal menyesuaikan era digitalisasi sekarang ini, Agus mengaku akan meninjau kembali semua mata kuliah di kurikulum yang ada di STIE AUB, agar mampu mengcover kebutuhan. Terutama terkait penguasaan digitalisasi, disamping sertivikasi yang sudah berjalan.

“Saya memprediksi bahwa kampus kedepan bakal menjadi kampus yang sepi. Karena penyampaian pelajaran bukan lagi dalam satu komunitas tetapi bisa disampaikan kepada individu-individu yang berada di berbagai tempat. Artinya kampus jarak jauh berbasis digital,” ungkap Agus.

Oleh karena itu, tidak hanya mahasiswa saja yang mampu menguasai teknologi berbasis digital, tetapi dosen-dosen juga dituntut untuk menguasai teknologi digital, artinya harus bisa menguasai perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pengetahuan.

“Dengan kata lain dosen jangan memiliki mindset yang terkunci, bisa beriringan dengan lajunya perkembangan pengetahuan yang ada,” ujarnya.

Seiring dengan era digitalisasi, menurut Agus, STIE AUB Surakarta menyiapkan berbagai pelayanan yang ada system digital. Misalkan menyangkut administrasi pendidikan sudah memakai sistem online.

“Informasi akademik di STIE AUB Surakarta, mulai dari mengambil mata kuliah, registrasi, yudisium dan sebagainhya sudah memakai system online,” jelasnya.

Termasuk surat menyurat misalnya memakai sistem digital. “Artinya STIE AUB Surakarta saat ini sudah mulai melangkah menuju kampus digital,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge