0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Lantik Pejabat di Makam Ronggowarsito

Klaten – Mengenakan busana tradisional Jawa, sebanyak 11 pejabat eselon II Klaten dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Jumat (22/12). Istimewanya, acara tersebut berlangsung di Pendopo Makam Ronggowarsito di Desa Palar, Kecamatan Trucuk.

“Datang langsung dari keinginan Ibu Bupati. Tujuannya untuk lebih mengenalkan makam Ronggowarsito kepada masyarakat, khususnya para pejabat. Apalagi ini kan salah satu destinasi wisata religi di Klaten,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Slamet, Jumat (22/12).

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan, kompleks Makam Ronggowarsito memiliki nilai sejarah yang tak bisa dilepaskan dari Klaten. Sebelum pelantikan, Mulyani dan pejabat sempat ziarah ke makam pujangga tersohor pada masanya itu. Selain itu, para pejabat yang dilantik wajib mengenakan pakaian tradisional Kejawen Jangkep.

“Jangan sampai kita lupa dadi wong Jawa. Ojo lali Jawane, ojo lali unggah-ungguhe, ojo lali budi pekertine, ojo lali setyo tuhune. Ojo lali iku kabeh. Jika itu semua bisa dilaksanakan maka bisa bekerja dengan nyata untuk masyarakat dan kemajuan Klaten,” bebernya.

Ditambahkan dia, sosok Ronggowarsito yang dikenal sebagai pujangga di era keemasan Keraton Surakarta itu juga meninggalkan warisan sastra yang tak lekang dimakan zaman. Ia pun meminta pejabat sebagai pelayan masyarakat harus bekerja keras demi kesejahteraan dan tidak menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi.

”Seperti pitutur pujangga Ronggowarsito, sak bejo-bejone wong kang lali luwih becik wong kang eling lan waspada (Seberuntung- untungnya orang yang lupa diri, lebih baik orang yang sadar diri dan waspada,” ucap Mulyani, menirukan petuah masyhur Ronggowarsito.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge