0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dengan TFG, Polisi Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Simulasi TFG di halaman Polres Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Polres Sukoharjo menerapkan Tactical Floor Game (TFG) dalam upaya pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Sukoharjo. Dengan TFG ini diniali sangat membantu polisi dalam menentukan titik rawan dan analisis kerawanan pada saat kegiatan besar seperti pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Taktik ini merupakan visualisasi kondisi lapangan pada konteks tertentu. Misalkan terjadi unjuk rasa atau gangguan kamtibmas lainya, maka dengan taktik ini polisi bisa menganalisa titik-titik rawan mana yang jadi sasaran aksi,” kata Wakapolres Sukoharjo, Kompol M Ifan Hariyat, Jumat (22/12).

Berebakal data analisis melalui simulasi TFG, bisa ditentukan berapa anggota yang diterjunkan melakukan pengamanan dan ditempatkan di lokasi mana saja. Dan Tactical Floor Game sangat membantu dalam menentukan kerawanan yang muncul, khususnya menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Diharapkan, dengan TFG ini situasai Kamtibmas di Sukoharjo selama digelarnya Operasi Lilin Candi tetap aman dan kondusif. Meskipun gangguan dan tindakan yang merugikan masyarakat dapat terjadi sewaktu-waktu, namun dengan bekal kemampuan dan kesiapan anggota Polri, ddiharapkan bisa diminimalisir.

“TFG ini salah satu taktik sebagai antisipasi agar kalau ada situasi yang rawan, bisa mengambil tindakan dengan cepat dan tepat. Dan yang paling penting kita siap siaga menjaga kamtibmas selama perayaan Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge