0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Dorong Pembentukan PKUB di Tingkat Kecamatan

Pertemuan FKUB Sukoharjo menjelang perayaan Natal (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) akan membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) di tingkat kecamatan. Diharapkan dengan terbentuknya PKUB ini dapat mencegah dan menjadi deteksi dini penyimpangan yang mengarah kepada tindakan radikal yang mengatasnamakan agama tertentu.

“Kalau FKUB ini kan sekupnya masih terlalu luas. Jadi dengan adanya PKUB dengan cakupan satu kecweamatan ini semkin bagus. Kalau ada permasalahan di tingkat kecamatan kita segara bisa tangani, minimal informasi itu  bisa segera masuk,” kata Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Jumat (22/12).

Diharapkan PKUB, bila ada gejolak terkait dengan kerukunan beragama dapat mengatasi permasalahan ataupun memberikan informasi secara cepat ke tingkat kabupaten. Sehingga penanganan bisa lebih efektif dan cepat, selain itu juga sebagai upaya preentif dari pihak kepolisian dalam mencegah adanya konflik maupun tindakan yang mengganggu keamanan masyarakat.

Kerukunan antar umat beragama adalah bagaimana menciptakan persatuan antar agama agar tidak terjadi saling merendahkan dan mengangap agama yang dianutnya paling baik. Hal ini disampikan dalam pertemuan anggota FKUB dalam rangka menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama menjelang Hari Raya Natal.

“Ini adalah bentuk keterlibatan FKUB dalam pengamanan perayaan Natal, dengan pertemuan seperti ini ada komunikasi dan kordinasi. Dan pertemuan seperti ini perlu dilakukan untuk menghindari terbentuknya fanatisme exstrim yang membahayakan keamanan dan ketertiban umum,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge