0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kafe di Australia Gunakan Barista Robot

Kopi. (Dok: Timlo.net/ Flickr.)

Timlo.net—Ada banyak pekerjaan yang bisa memperoleh manfaat dari robot. Hal ini karena robot lebih efisien, tidak kenal lelah dan konsisten. Tapi apakah para barista di seluruh dunia perlu kuatir terkait keamanan pekerjaan mereka? Apalagi robot mulai dipakai di sebuah kafe di Australia untuk menjadi barista.

Robot yang disebut Rocky itu dimiliki sebuah kafe lokal bernama “Once Alike”. Sebelumnya, sebuah kafe di San Francisco, Amerika Serikat (AS)  bernama “Cafe X” juga mulai memakai robot barista. Perbedaannya robot di “Cafe X” berupa tangan yang mengambil cangkir dari mesin kopi otomatis. Sementara Rocky bertindak sebagai barista sepenuhnya.

Dalam sebuah video, terlihat Rocky menggiling biji kopi, menaruhnya di alat tamping dan bahkan membuat espresso. Robot itu menuang kopi ke dalam gelas untuk dibawa pulang dan siap melayani pesanan berikutnya.

Sayangnya Rocky perlu waktu 2-6 menit untuk menyeduh secangkir kopi. Hal ini lebih lama dari waktu yang dibutuhkan barista manusia. Dan jauh lebih lama dari seorang barista berpengalaman.

“Saat Anda berada di industri ini begitu lama, Anda menyadari jika hal paling penting adalah kualitas dan konsistensi. Orang-orang ingin kopi mereka sama setiap kali mereka kembali ke kafe yang khusus membuat kopi. Ada batasan untuk manusia di belakang bar. Kita merasa stres dan emosional pada jam-jam sibuk. Tidaklah menyenangkan membuat 1000 latte pada Sabtu—pekerjaan ini benar-benar berat, “ ujar Liam Wilkia, salah satu teknisi pembuat Rocky dilansir oleh Ubergizmo.

Apakah robot pada akhirnya menggantikan barista? Ada beberapa orang yang berpendapat secangkir kopi yang enak tidak hanya tergantung dari biji kopi. Tapi juga dari orang yang menyeduh kopi. Sepertinya halnya masakan yang enak juga tergantung dari koki yang membuatnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge