0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Museum Sangiran, Ini yang Dipelajari Siswa

Para siswa saat mengamati situs Sangiran (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 28 siswa kelas 8 Program Khusus SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo mengadakan belajar konservasi situs Sangiran, di Museum Purbakalan, Sangiran, Kalijambe, Sragen.

“Pemilihan obyek Museum Sangiran, dikarenakan Sangiran merupakan situs terpenting untuk perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi, geologi dan tentu saja untuk bidang kepariwisataan,” jelas Pengelola Kelas PK SMP Muhammadiyah Simpon, Siti Khoiriyah kepada Timlo.net, di Solo, Jumat (22/12).

Siti mengemukakan, keberadaan situs Sangiran sangat bermanfaat bagi siswa untuk mempelajari kehidupan manusia pra-sejarah, yang selama ini hanya diketahui siswa lewat teori di buku saja.

“Di Museum Purbakala Sangiran terdapat situs purbakala yang  dilengkapi dengan fosil manusia purba,hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya,” ungkapnya.

Seperti halnya koleksi yang tersimpan di Museum Sangiran, diantara terdapat fosil manusia, fosil binatang bertulang belakang, fosil binatang laut dan air tawar, batuan dan artefak batu

Kegiatan ini, menurut Siti, diawali dengan pemaparan dari bagian perlindungan situs, kemudian mengamati dari dekat proses konservasi dan rekonstruksi situs dan dilanjutkan dengan mengunjungi gambar ruang pameran situs.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge