0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Tanggung Biaya Pengobatan Keracunan Makanan Posyandu

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat apel kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kamis (21/12) (timlo.net/heru gembul)

Solo — Pemerintah Kota Solo siap menanggung segala biaya pengobatan korban keracunan makanan posyandu di belasan warga di RW 009, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari. Hal itu ditegaskan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, saat apel kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kamis (21/12).

“Jadi semua biaya rumah sakit, Pemkot yang akan menanggungnya,” tegas pria yang akrab disapa Rudy tersebut.

Menurut Rudy ada kesalahan dalam penyajian hidangan tambahan pada Posyandu. Dirinya secara tegas telah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan Kota (DKK) untuk bisa mensosialisasikan cara pemasakan yang sehat bagi makanan tambahan untuk Posyandu.

“Baik cara memasaknya maupun cara penyajian makanan yang dihidangkan masih segar, dan tidak perlu dihangatkan. Itu kita sosialisasikan lagi.” kata dia.

Rudy menambahkan dirinya melarang setiap Posyandu menyajikan makanan menggunakan wadah makanan berbahan plastik. Menurutnya, tak menutup kemungkinan kantong plastik yang digunakan tidak bersih dan tak steril, sehingga memengaruhi hidangan.

Lebih jauh dia mengatakan masyarakat tak perlu tarauma untuk datang ke Posyandu. Dirinya secara berkala akan memantau secara langsung bagaimana makanan tambahan tersebut diolah hingga disajikan ke warga Posyandu.

“Pokoknya warga Solo jangan sampai takut untuk ke Posyandu. Kami sudah melakukan pendampingan guna memastikan kehigienisan setiap hidangan,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge