0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sebuah Perusahaan Jual Tisu Terbuat Dari Kotoran Panda

Tisu kotoran panda. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Sebuah perusahaan Cina berbasis di Provinsi Sichuan, Cina bekerja sama dengan the China Conversation and Research Center. Keduanya mendaur ulang kotoran panda dan mengubahnya menjadi tisu.

Perusahaan tersebut, Sichuan Qianwei Fengsheng Paper mengumumkan Senin (18/12) jika mereka akan mendaur ulang kotoran dan remah makanan panda. Kotoran itu diperoleh dari tiga pusat penelitian di Dujiangyan, Wolong dan Bifengxia, tulis Xinhua.

Menurut seorang peneliti dari pusat penelitian panda, Huang Yan, seekor panda dewasa bisa makan 12 hingga 15 kilogram bambu setiap harinya. Hal ini membuat seekor panda mengeluarkan 10 kg kotoran kaya serat.

Selain kotorannya, perusahaan itu juga akan mengambil 50 kg sisa-sisa makanan panda. Sebelum kerja sama ini, sisa makanan dan kotoran panda biasanya dibuang atau dijadikan pupuk.

Kepala perusahaan kertas itu, Yang Chaolin menjelaskan jika kesepakatan ini menguntungkan kedua belah pihak. Dijual dengan nama “Panda Poo”, tisu itu bernilai 43 yuan (Rp 88.743) per kotak.

Yang menjelaskan jika para pekerja mengesktrak serat dari bambu dan mengurai fruktosa di dalamnya. Setelah itu bambu itu diubah menjadi kertas. Tapi mereka tidak perlu melakukan itu lagi, karena bambu mengalami proses serupa saat masuk ke perut panda. Hal ini berarti perusahaan itu menghemat waktu dan proses produksi.

Banyak anggota masyarakat mungkin kuatir tentang kontaminasi oleh bakteri berbahaya dari tisu yang terbuat dari tinja itu. Tapi, Zhou Chuanping, wakil manager perusahaan itu menyakinkan jika kotoran itu sudah direbus dan dipasteurisasi untuk membunuh kuman. Baru setelah itu kotoran diubah menjadi tisu. Perusahaan itu mengumpulkan kotoran panda dari pusat penelitian setiap tiga hingga tujuh hari sekali.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge