0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Karanganyar Verifikasi Faktual Dua Parpol

Komisioner KPU Karangantar mencocokkan dan meneliti bukti data diri kepengurusan Partai Perindo (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akhirnya diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. Obyek verifikasinya terkait keterwakilan perempuan di organisasi, keabsahan bukti pengurus, sekretariat dan keanggotaan parpol.

“14 Parpol mendaftar peserta pemilu legislatif 2019. 11 diantaranya peserta pileg 2014 dan tiga lainnya parpol baru. Dari tiga itu, yang lolos verifikasi administratif hanya Perindo dan PSI. Sedangkan Partai Garuda kurang dalam keanggotaan,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan, Rabu (20/12).

Berdasarkan aturan KPU pusat, parpol harus memiliki kepengurusan 100 persen di tingkat provinsi seluruh Indonesia. Kemudian, memiliki kepengurusan minimal 75 persen kota/kabupaten di tiap provinsi.

“Kita hanya melaporkan hasil verifikasi faktual, untuk yang memutuskan berhak ikut pemilu 2019 adalah KPU RI,” jelasnya.

Verifikasi faktual dilakukannya di parpol yang belum ikut pemilu 2014 guna mengetahui persiapan setiap partai anyar itu.

“Di Partai Perindo, semua pengurusnya yang hadir bisa menunjukkan KTA dan KTP. Perempuan di jajaran pengurus ada tiga dari lima orang. Artinya, keterwakilannya di atas 30 persen. Kantor DPD ini dibenarkan lokasinya oleh perangkat desa dan kecamatan. Meski sewa, habisnya masih 2020 nanti,” katanya.

Sedangkan untuk PSI, verifikasi faktual akan dikerjakan Minggu (24/12).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge