0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wabah Difteri Jangkiti Warga Wonogiri, Begini Tindakan Dinkes

Kepala Dinkes Wonogiri, Adi Dharma (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Penyakit difteri yang menjangkiti WI (27) warga Nungkulan Kecamatan Girimarto menjadi perhatian Pemkab Wonogiri. Namun demikian, penyakit yang bersarang di tubuh wanita beranak satu itu baru sebatas mengarah pada difteri.

“Belum positif, itu baru mengarah. Jadi kondisi ini belum dikatakan KLB. Saat ini tengah konfirmasi laboratorium. Besok kami juga ke Semarang untuk mengambil bahannya karena di Wonogiri tidak ada membran sebagai sarana pembiakan bakterinya,” ungkap Kepala Dinkes Wonogiri, Adi Dharma, Rabu(20/12).

Pihaknya bersama RSUD akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan ke rumah pasien sekaligus memeriksa riwayat imunisasi keluarga dan tetangganya, Kamis (21/12).

Dari hasil pemeriksaan, ada gram batang positif. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kultur bakteri. Pasien tersebut pulang dari Jakarta, Jumat (15/12). Lalu mengeluh tenggorokan sakit dan panas. Lalu periksa ke dokter umum, namun belum ada perbaikan kondisi sehingga dirujuk ke RSUD Selasa (19/12) kemarin.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui ada bakteri gram positif difteri. Lalu baru diperiksa, lalu periksa laboratorium. Kemudian bakteri gram positif. Artinya, mengarah ke difteri, kami curiga. Tetapi, untuk pastinya kami konfirmasi laboratorium lagi,” tegasnya.

Untuk upaya antisipasi, sejumlah tindakan telah dilakukan, yakni dengan gencar mengelar sosialisasi melalui puskesmas, pelacakan dan pemeriksaan epidemiologi di lokasi, dan melakukan koordinasi dengan pihak RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso.

“Kita juga akan mengantisipasi saat mobilisasi warga saat liburan Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge