0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lampaui Target, Capaian PBB Klaten Tembus Rp 25,5 Miliar

Pengundian hadiah wajib pajak PBB oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten mencatat, pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) telah melebihi target. Pasalnya, target yang ditetapkan pada tahun ini sebesar Rp 23,5 miliar.

“Sampai 19 Desember kemarin, pendapatan PBB telah berhasil meraup Rp 25,5 miliar. Artinya Itu sudah melampaui target kami Rp 23,5 miliar,” ujar Kepala BPKD Klaten, Sunarna, usai pengundian Gebyar Hadiah PBB, di Joglo Kembar, belakang kompleks gedung perkantoran Pemkab Klaten, Rabu (20/12).

Mundur ke belakang, jelas dia, realisasi PBB Klaten pada tahun 2015 mencapai Rp 17,5 miliar. Tahun berikutnya (2016) meningkat menjadi Rp 20,8 miliar.

Mengingat tren kenaikan realisasi PBB selama tiga tahun terakhir, Sunarna tak menampik berkat peran serta wajib pajak maupun Tim Intensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga pemkab telah menyiapkan penghargaan kepada wajib pajak yang telah melunasi pajak sebelum jatuh tempo 30 September.

Adapun penghargaan tersebut dikemas lewat undian hadiah dengan bukti salinan pelunasan PBB yang dikumpulkan melalui drop box di tiap kecamatan. Hadiahnya seperti 5 unit sepeda motor Yamaha Vixion, 5 unit sepeda motor Yamaha Fino, dan 5 unit kulkas.

”Total ada 553.000 wajib pajak yang lunas PBB sebelum jatuh tempo. Sedangkan 75 desa yang telah lunas PBB sebelum jatuh tempo juga menerima reward berupa uang pembinaan. Harapannya menjadi motivasi wajib pajak untuk tertib bayar pajak. Karena PAD masih dapat dioptimalkan lagi,” kata Sunarna.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge