0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kandang Ternak Timbulkan Bau Tak Sedap Dilaporkan Bupati

Satpol PP Wonogiri Sidak lokasi kandang ternak babi dan bebek di Desa Wonoharjo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Warga Desa Wonoharjo, Wonogiri menyoal dua kandang ternak lantaran menimbulkan bau tak sedap. Kandang bebek dan kandang babi tersebut merupakan milik warga setempat. Akibat polusi bau itu membuat geram warga dan pemerintah desa, namun pemilik peternakan itu tak menghiraukan keluhan warga setempat.
“Pemerintah desa sudah tiga kali menertibkan dengan cara menegur pemilik kedua kandang ternak, bahkan pemerintah kecamatan sudah dua kali memberi peringatan, tapi semuanya tidak digubris pemilik ternak,” kata Kades Wonoharjo, Wonogiri, Yakubus Parmin, Rabu (20/12).
Menurut dia, peternakan babi dan bebek tersebut terletak persis di tengah-tengah permukiman warga. Sehingga bau tak sedap menyengat menyebar, terlebih lagi di saat musim penghujan.
“Jumlah babinya ada sekitar 70-an ekor, sedang bebeknya sekitar 500 ekor. Babi dan bebek sama-sama bau Mas, wong dikasih pakan konsentrat,” jelasnya.
Menurut Kades, warga desa hanya meminta agar kedua pemilik peternakan yang lokasinya saling berdekatan itu  menanggulangi agar bau kotoran tidak menyebar ke permukiman. Dia menyebut, pihaknya tidak mempersalahkan keberadaan kandang ternak namun yang jadi persoalannya hanyalah polusi bau tersebut.
“Dua tahun ini berdirinya kandang ternak tersebut,” terangnya.
Merasa peringatannya tak digubris pemilik kandang ternak, imbuh Yakobus Parmin, pihaknya pun jengkel. Kemudian menempuh langkah lain, yaitu melaporkan persoalan langsung kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo.
“Oleh Pak Bupati, persoalan itu diperintahkan untuk ditangani Satpol PP, dan kemarin Satpol PP sudah meninjau lokasinya,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge