0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Amerika Serikat Sebut Korea Utara Dalang Ransomware WannaCry

Ransomware wannacry. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Ingatkah Anda serangan ransomware WannaCry yang melumpukan ratusan perusahaan di seluruh dunia awal tahun ini? Serangan itu mengunci komputer para pengguna dan meminta uang tebusan supaya pengguna bisa membuka komputer mereka lagi. Sebelumnya diberitakan jika komunitas intelejensi percaya jika dalang serangan ini adalah Korea Utaara. Sekarang pemerintah Amerika Serikat (AS) secara resmi menyebut Korea Utara sebagai dalang serangan itu.

Penasehat Keamanan Dalam Negeri AS Thomas P. Bossert menulis dalam sebuah artikel baru-baru ini. Dia menulis untuk pertama kalinya jika Korea Utara terhubung dengan serangan itu, tulis Ubergizmo. Banyak pihak menjadi korban serangan itu. Bahkan Layanan Kesehatan Nasional di Inggris lumpuh karena serangan cyber itu. Ratusan ribu komputer di rumah sakit, perusahaan, sekolah dan rumah juga lumpuh karena serangan WannaCry.

“Walaupun para korban menerima permintaan uang tebusan, membayarnya tidak membuka kunci komputer mereka. Serangan itu pengecut, merugikan dan sembrono. Serangan itu tersebar luas dan merugikan jutaan dan Korea Utara bertanggungjawab secara langsung,” tulis Thomas.

Keterlibatan Korea Utara dalam serangan itu tercium setelah para peneliti menemukan jika WannaCry menggunakan cacat program yang dicuri NSA. Perbandingan dilakukan dengan serangan cyber yang menimpa Sony pada 2014. Microsoft dan the UK juga baru-baru ini menuding Korea Utara sebagai dalang serangan WannaCry.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge