0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sambut Libur Panjang Akhir Tahun, Ini Kesiapan Pertamina

Antre BBM di SPBU (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — PT Pertamina menyiagakan belasan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kantong di sejumlah titik di Jawa Tengah dan DIY. Langkah itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dari masyarakat saat periode libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Ada 18 SPBU kantong yang kita siagakan. SPBU kantong ini bersifat seperti mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suplai BBM ke SPBU,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR IV Pertamina, Andar Titi Lestari, kepada wartawan, Rabu (20/12).

Sedangkan pada jalur mudik dan jalur wisata yang rentan mengalami kepadatan, menurutnya, telah disiapkan kios bahan bakar khusus (BBK) di sejumlah titik. Termasuk menyiagakan SPBU motoris di wilayah sekitar Tegal dan Brebes. Satgas tersebut disiagakan pada 18 Desember hingga 7 Januari 2018.

“SPBU motoris akan beroperasi jika terlihat adanya kemacetan panjang, sehingga sifatnya bukan delivery order, ” jelas Andar.

Selama periode libur panjang Natal dan Tahun Baru ini, lanjut dia, diperkirakan kebutuhan BBM akan mengalami peningkatan. Antara lain untuk Premium diprediksi kenaikannya sebesar 10 persen, Pertalite 11persen, Pertamax 11 persen, Pertamina Turbo 15 persen, Dexlite 18 persen, Pertamina Dex 31 persen, Avtur 8 persen dan LPG 6.8 persen. Sementara untuk Solar diprediksi turun  satu persen karena adanya pembatasan operasional angkutan barang serta penurunan kegiatan angkutan industri.

“Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak berwisata dan mudik agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat. Dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi secara online,” tutupnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge