0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cara Paling Efektif Bersihkan Pestisida Pada Buah Menurut Peneliti

Mencuci buah. (dok: timlo.net/ ndtv.com )

Timlo.net—Buah dan sayuran harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum dikonsumsi. Karena terdapat pestisida pada permukaan buah dan sayuran. Mengkonsumsi pestisida ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Ternyata menyiram buah dan sayuran dengan air tidak bisa membersihkannya dari pestisida. Ada sebuah bahan di dapur yang bisa digunakan supaya sayuran dan buah bersih.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, baking soda adalah bahan terbaik untuk membersihkan buah dan sayuran dari zat kimia berbahaya.

Para peneliti menggunakan tiga metode berbeda untuk membersihkan apel. Mereka menggunakan clorox bleach, baking soda dan air biasa. Tingkat pestisida dalam apel diukur sebelum dan sesudah dibersihkan dengan ketiga metode itu.

Apel yang dicelupkan dalam larutan baking soda (1 persen) dan air selama 8 menit memiliki jumlah pestisida yang kecil. Terutama bila dibandingkan apel yang dicelupkan ke dalam clorox bleach dan air biasa. Setelah direndam selama 12 hingga 15 menit dalam larutan baking soda, pestisida hilang sepenuhnya.

Kenapa baking soda efektif membersihkan pestisida pada buah dan sayuran? Ternyata sodium bikarbonat (istilah ilmiah untuk baking soda) baik untuk membersihkan dua jenis pestisida. Keduanya adalah thiabendazole dan phosmet. Tapi baking soda mungkin tidak memiliki efek yang sama untuk zat kimia lainnya.

Selain itu baking soda tidak bisa menjangkau zat kimia yang sudah masuk ke dalam kulit buah bahkan setelah buah itu dicuci. “Larutan ini tidak menjamin makanan bersih pestisida,” tulis Popular Science dilansir dari Reader’s Digest.

Tidak punya cukup banyak waktu untuk merendam buah dan sayuran dalam larutan baking soda? Para peneliti mengungkapkan jika menaburkan baking soda pada buah dan sayuran yang dicuci dengan air bisa menjadi cara lain.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge