0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diterjang Angin, Tower SIAK Kecamatan Wedi Roboh

Tower SIAK di Kantor Kecamatan Wedi, Klaten roboh (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Tower Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) kantor Kecamatan Wedi, Klaten roboh setelah diguyur hujan dan angin, Selasa (19/12) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun separuh tower menimpa atap rumah warga.

“Ketinggian tower sekitar 32 meter. Ini yang penting kita evakuasi dulu dan diturunkan,” ujar Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten, Endro Susilo, Selasa (19/12).

Setelah selesai dievakuasi, pihaknya akan menyiapkan skenario VPN (Virtual Private Network) IP sebagai jalur komunikasi data. Sebab SIAK merupakan standar aplikasi yang digunakan untuk menampung data Kartu Keluarga dan Biodata Penduduk WNI/WNA, serta membuat Dokumen Kependudukan dan Dokumen Pencatatan Sipil.

“Kita kan biasanya pakai radio (wireless), nah ini untuk sementara pakai VPN. Sehingga besok pelayanan kependudukan di Kecamatan Wedi tetap berjalan normal,” jelas Endro.

Camat Wedi, Kukuh Riyadi menambahkan, kejadian robohnya tower SIAK murni bencana. Hal itu menyusul hujan deras bercampur angin sekitar pukul 15.00 WIB. Akibatnya, sebagian tower menimpa beberapa genteng sebuah rumah warga yang berada persis di utara kantor kecamatan.

“Ini bukan patah atau putys, tapi cantolan kawat atau pengaitnya lepas setelah digoyang- goyang angin. Semoga ini bisa jadi pelajaran kita bersama di kantor kecamatan yang lain agar tower tetap kokoh saat diterpa angin,” ujar Camat Kukuh.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge