0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

32 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan

32 juta batang rokok ilegal dimusnahkan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur I (merdeka.com)

Timlo.net – Sedikitnya 32 juta batang rokok ilegal dimusnahkan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur I. Rata-rata rokok yang dimusnahkan merupakan hasil dari kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) di bawah kanwil DJBC Jatim I, seperti Perak Surabaya, Juanda, Pasuruan, Sidoarjo, Bojonegoro dan Madura.

Kepala Kanwil DJBC Jatim I, Muhammad Purwantoro menjelaskan, peredaran rokok ilegal menggunakan pita cukai palsu menyebabkan negara mengalami kerugian mencapai Rp 9,7 miliar.

“Penindakan yang dilakukan selama setahun terakhir ini pelanggarannya rokok tanpa pita cukai yang sah, dengan 6 tersangka. Semua berkas perkara itu sudah dilimpahkan di kejaksaan dinyatakan P-21,” kata Purwantoro Selasa (19/12).

Dia menjelaskan, yang melakukan penindakan paling banyak adalah Bojonegoro dengan 50 kali tangkapan, barang bukti sekitar 112.063 batang rokok. Setelah itu baru wilayah Pasuruan, dengan 43 kali penindakan, barang bukti sebanyak 2,3 juta batang rokok.

“Belum lagi di Madura, Perak, dan beberapa daerah lainnya,” ujar dia.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge