0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hasil Rontgen Tertukar Diklaim Tak Pengaruhi Penanganan Medis

Direktur Utama RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — RSUD Bagas Waras Klaten mengakui terjadi kelalaian petugas hingga menyebabkan tertukarnya hasil rontgen tiga pasien. Namun begitu, kesalahan administrasi tersebut tidak berpengaruh pada penanganan medis yang bersangkutan.

“Jadi, itu hanya kesalahan administrasif (hasil rontgen pasien) pulang saja yang tertukar. Tidak berpengaruh pada tindakan medis maupun dari tindakan pengobatan medis,” ujar Direktur Utama RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo, Selasa (19/12).

Ia mengatakan, sebanyak 3 pasien RSUD Bagas Waras yang tertukar hasil rontgennya, yakni Tuminah warga Dukuh Gentan RT 17/ RW 8 Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk menerima hasil rontgen Tuminah Hadi Supatmi, warga Dukuh Jotangan RT 2/ RW 4 Desa Jotangan Kecamatan Bayat.

Sedangkan Tuminah Hadi Supatmi menerima hasil rontgen Tuginem, warga Desa Pandes, Kecamatan Wedi. Kejadian tersebut tidak ada kaitannya dengan pelayanan medis maupun penunjang selama pasien dirawat di RSUD milik Pemkab Klaten tersebut.

“Kami sudah ke keluarga dan menyampaikan tidak ada kaitannya dengan medical error. Karena pada saat dokter penanggung jawab pasien melakukan terapi medis itu berdasarkan laporan hasil Radiologi tertulis dari dokter spesialis Radiologi yang berada di dalam rekam medis pasien,” jelas Limawan.

Ditambahkan, sesuai Standar Prosedur Operasional (SPO) pemulangan pasien RSUD Bagas Waras, maka hasil rontgen diserahkan kepada keluarga pasien setelah pasien akan meninggalkan rumah sakit.

“Kejadian tertukarnya hasil rontgen tersebut disebabkan oleh ketidaksengajaan petugas pada waktu penyerahan hasil rontgen ketika pasien pulang. Dan ini tidak berpengaruh pada pemberian terapi pasien selama perawatan di RSUD Bagas Waras,” imbuh Limawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge