0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

“Cinta Pada Pandangan Pertama” Bukanlah Cinta

Cinta bertepuk sebelah tangan. (Dok: Timlo.net/ crazytruefacts.wordpress.com)

Timlo.net—Cinta pada pandangan pertama adalah sebuah kalimat yang kerap digunakan dalam novel dan film romantis. Ada banyak orang percaya pada konsep cinta ini. Tapi ada banyak orang yang tidak percaya pada hal itu. Mereka beranggapan jika hubungan cinta yang kuat perlu dibangun dalam waktu lama. Mereka merasa mustahil orang bisa merasakannya hanya dalam sekejap. Ternyata ilmu pengetahuan berada pada pihak orang yang skeptis.

Menurut sebuah penelitian baru, cinta pada pandangan pertama (CPPP) adalah daya tarik awal yang kuat. Dengan kata lain, CPPP adalah nafsu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam the Journal of the International Association for Relationship Research. Penelitian itu mengamati 500 kencan yang dilakukan 200 peserta. Para peneliti mengadakan poling terkait daya tarik para peserta terhadap teman kencan mereka untuk setiap pertemuan. Para peserta adalah para mahasiswa Belanda dan Jerman berusia rata-rata 20-an.

Studi itu dibagi dalam tiga tahap: sebuah survei online, sebuah studi laboratorium dan tiga pertemuan kencan selama kurang dari 90 menit. Setelah kencan, para peserta diminta mengungkapkan jika mereka mengalami CPPP selama kencan. Serta seberapa kuat ketertarikan fisik yang mereka rasakan. Komponen cinta yang diukur para peneliti adalah keintiman, komitmen dan hasrat, tulis Reader’s Digest.

Dari seluruh pertemuan, sebanyak 32 peserta mengaku mengalami CPPP sebanyak 49 kali. Sebagian besar CPPP tidak memiliki dua komponen utama cinta yaitu komitmen dan keintiman. Akan tetapi, untuk setiap kasus CPPP, daya tarik fisik peserta terhadap teman kencan naik tajam. Sebanyak 60 persen peserta adalah wanita, tapi mayoritas peserta yang mengalami CPPP adalah pria. Sebagian besar kasus CPPP tidak berbalas. Seperti disebutkan di atas, cinta butuh kerja keras dan waktu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge