0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jajal Mobil Listrik, Menteri PU: Mobilnya Sudah Bagus

Mobil listrik yang dipamerkan (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono menjajal mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Hal itu dilakukan sebelum dirinya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Menteri Basuki yang mengenakan kemeja putih tersebut mengendarai mobil listrik EZZY berkecepatan maksimal 180 kilometer per jam. Mobil ini sudah dirilis pada 2013 lalu di Surabaya, dan sudah digunakan dalam event Tour de Java pada 2-6 Mei 2014 lalu. Presiden Jokowi pun direncanakan akan menjajal mobil ini.

“Ini mobilnya sudah bagus ya, karena sudah prototype. Menurut saya tidak ada bedanya mengendarai mobil listrik atau mobil biasa. Tadi saya kecepatannya kira-kira 60 km,” kata Menteri Basuki di Surabaya, Selasa (19/12).

Selain mobil listrik, Menteri Basuki juga meninjau Electric Solar Bus yang merupakan bus bertenaga matahari. Bus berwarna merah berkecepatan maksimal 50 km per jam ini dirilis sejak tahun 2015 dan sudah digunakan untuk transportasi mahasiswa.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan juga telah melakukan uji coba unit sepeda motor listrik GESlTS buatan Mahasiswa ITS dan Garansindo Group. Kendaraan roda dua berpenggerak listrik tersebut didesain ramah lingkungan dan hemat energi.

“Pemerintah dan Presiden Jokowi mendukung hal ini terutama pertimbangan lingkungan dan kemandirian energi,” ujar Menteri Jonan.

Menteri Jonan berharap harga motor listrik nantinya dapat bersaing dengan harga motor berbahan bakar minyak. “Kalau bisa harga jualnya bersaing dengan motor yang menggunakan BBM, jadi harganya sama,” jelasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge