0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga eks Magersari Pasar Nglano Disiapkan Los

Pasar Nglano di Tasikmadu (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sekitar 40 pedagang bakal mengisi los jualan Pasar Nglano yang terletak di ruang terbuka bagian belakang bangunan induk. Mereka ini warga yang dulunya menempati rumah-rumah ilegal di kompleks pasar.

“Segera setelah PHO (penyerahan hasil pekerjaan) oleh rekanan ke pemkab, mereka dipersilakan berjualan. Caranya mengundi terlebih dahulu. Di los itu bisa menampung sejumlah 40 petak,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki kepada Timlo.net, Senin (18/12).

Ia tak menampik pengisi los dulunya warga yang tinggal di kawasan eks prostitusi Dangkrong Indah Dusun Nglano (DKI). Rumah-rumahnya didirikan secara ilegal di kompleks pasar tradisional itu sebelum direvitalisasi. Pemanfaatannya juga melanggar susila. Dikatakannya, tidak ada pengawasan khusus los tersebut. Pedagang lain dan masyarakat diminta responsif saat menyaksikan aset pemerintah itu disalahgunakan.

“Intinya, jangan membiarkan mereka bermukim di pasar. Losnya dibuat terbuka. Tidak bersekat apalagi berpenutup seperti kios,” katanya.

Terdapat sekitar 40 dari 73 pengajuan berdagang di los tersebut, relatif memenuhi syarat. Mereka diminta mengajukan ke bupati terkait permohonan pemanfaatan los itu.

“Dari pengajuan itu akan diketahui identitasnya dan tempat tinggalnya. Apakah masih di Rt 04, 05 dan 12 Rw V Dukuh Nglano atau tidak. Jika masih di sana, tidak akan disetujui karena dikhawatirkan menjadi alasannya bermukim,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge