0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Cara Pemanfaatan Kelapa Secara Maksimal

Profesor Wisnu Gardjito memaparkan manfaat kelapa (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Petani kelapa disarankan memanfaatkan panenannya secara maksimal. Sebab, banyak cara mengolah kelapa alih-alih menjualnya mentah.

“Kelapa mempunyai banyak manfaat sehingga mampu menambah penghasilan jika kita mampu mengelolanya dengan baik. Ada sekitar 1.600 formula mengolah kelapa,”jelas Profesor Wisnu Gardjito ketika tampil sebagai pembicara dalam menyosialisasi Peluang Usaha Agrobisnis Kelapa dan Agro Industri Kelapa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (18/12).

Tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia ini ternyata memiliki potensi dikembangkan untuk menambah penghasilan. Mulai dari batang, buah hingga daun kelapa semua dapat dimanfaatkan baik dan diolah menjadi makanan, minuman, perawatan wajah, kesehatan hingga aneka perabot rumah tangga.

Sayangnya, masih banyak petani kelapa sering mengalami kebingungan usai memanennya. Sehingga hasil yang dimanfaatkan kurang maksimal.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap seminar ini mampu menambah pengetahuan dan memotivasi warga Karanganyar terutama petani untuk benar-benar menggeluti potensi agrobisnis kelapa.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge