0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembiayaan Pegadaian Lebihi Target

Aktivitas di pegadaian (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Realisasi pembiayaan yang dilakukan oleh PT Pegadaian area Solo hingga menjelang akhir semester dua tahun ini dianggap cukup menggembirakan. Pasalnya disaat sektor bisnis yang lain mengalami penurunan omset, tercatat pembiayaan yang dikucurkan mampu melebihi target yang ditetapkan.

“Untuk kredit mikro yang kita salurkan, tercatat hingga saat ini sudah mencapai 110 persen, atau sekitar Rp 86 Miliar,” ujar Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Solo, Ade Yayat kepada wartawan, Senin (18/12).

Menurutnya, tingginya penyaluran kredit yang disalurkan tersebut karena Pegadaian memiliki strategi baru. Yaitu mulai membidik para nasabah yang bergerak disektor pertanian, perkebunan, peternakan, nelayan dan lainnya yang selama ini belum digarap secara maksimal oleh perbankan.

“Dalam proses penyaluran kredit yang kita salurkan ini kita mengembangkan dari sistem kredit ultra mikro. Sehingga para peternak, petani dan lainya itu bisa menjaminkan sapi, traktor atau motornya untuk dijaminkan dalam pinjaman,” jelasnya.

Menariknya lagi, system pembayaran yang dilakukan tersebut juga bisa menyesuaikan sesuai dengan kemamampuan dari para nasabah yang bersangkutan. Artinya tidak harus saklek diangsur perbulan seperti yang dilakukan oleh perbankan.

“Jadi kalau petani itu panennya setahun empat kali, ya mereka bisa mengajukan angsurannya per tiga bulan,” terangnya.

Tidak hanya untuk kredit mikro, Ade juga menyampaikan trend untuk pembiayaan kendaran bermotor justru melonjak diluar ekspektasi. Pasalnya dari target Rp 8,1 Miliar yang ditetapkan, hingga saat ini tercatat sebesar Rp 16 Miliar yang berhasil tersalurkan. Masyrakaat banyak yang tertarik menggunakan produknya pembiayaan yang ditawarkan itu karena dianggap lebih transparan dan bunga yang ditawarkan lebih ringan karena hanya satu persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge