0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Korban Penipuan Investasi Bodong Lebih 100 Orang

Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, saat jumpa pers terkait penipuan investasi bodong (timlo.net/heru gembul)

Solo — Korban penipuan investasi emas bodong dengan tersangka Yusak Haryanto (60) bertambah. Satuan Reserse Kriminal Polresta Solo menerima sebanyak 93 laporan baru terkait penipuan yang dilakukan warga Kampung Sewu RT 02 RW 06, Sewu, Jebres tersebut. Jumlah ini meningkat dari laporan pertama pada 11 Desember lalu, yang hanya berjumlah 15 orang.

“Total ada sebanyak 108 korban kasus penipuan investasi bodong ini. Mereka berasal dari Solo dan sekitarnya. Rata-rata setiap orang mengalami kerugian senilai Rp 25 Juta sampai Rp 100 Juta,” papar Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, saat jumpa pers, Senin (18/12).

Kapolres menyampaikan peningkatan jumlah ini setelah dilakukan rilis kasus penipuan ini pada 11 Desember lalu. Kapolres juga menyampaikan saat ini tak menutup kemungkinan jumlah korban akan kembali bertambah. Hal ini sesuai dengan pengakuan tersangka yang menyebutkan dirinya mengajak ratusan orang untuk ikut dalam bisnisnya tersebut, hingga total kerugian mencapai Rp 111 Miliar.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi mengatakan tersangka selama ini hanya membujuk korban dengan menawarkan investasi emas dengan cara membeli emas. Korban dijanjikan kuntungan sebesar 10 persen sampai 25 persen per 12 hari. Namun, ternyata keuntungan tersebut hanya sampai pada lima kali pembayaran, sedangkan sisa uang dibawa kabur oleh pelaku.

“Sampai angsuran ke lima, tersangka mulai macet membayar keuntungan bagi para investornya. Hingga akhirnya macet dan tidak dibayar lagi,” kata dia.

Bersama dengan tersangka petugas menyita sejumlah barang yakni mobil Honda Mobilio dengan Nomor Polisi N 481 RI, Mobil Honda Jazz AB 1662 SI, Laptop Lenovi, 77 lembar kuitansi, buku tabungan, dan telepon genggam. Selain itu petugas juga menyita uang tunai sebesar Rp 20 juta. Tersangka dijerat Pasal 378 dan 374 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan hukuman empat tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge