0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Karanganyar Miliki 29 Kampung KB

Akseptor KB di Jenawi mengantre operasi KB pria (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kabupaten Karanganyar menduduki posisi teratas pencapaian program KB pria (MoP) di Jawa Tengah. Prestasi ini ditakar dari tingginya akseptor metode kontrasepsi.

“Pada 2016 lalu sebanyak 266 akseptor. Namun sekarang menurun menjadi 186 orang. Meski demikian, Karanganyar sudah sangat baik sehingga pantas mendapat predikat terbaik di Jawa Tengah terkait MoP,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (P3AP2KB) Karanganyar, Any Indrihastuti, Minggu (17/12).

Para akseptor tersebar di berbagai desa di Karanganyar. Pemkab bahkan mencanangkan kampung KB, dimana saat ini mencapai 29 lokasi di 17 kecamatan. Pencanangan kampung KB di Karanganyar berkategori penduduk padat. Teranyar, Pemkab Karanganyar mencanangkan kampung KB di Desa Balong, Jenawi yang ditandai penerapan metode MoP bagi 22 akseptor pada pekan lalu.

Any menjelaskan tidak sembarang orang dapat menjadi akseptor. Dia mengutip peraturan bupati perihal akseptor MOP. Antara lain, anaknya minimal dua, umur anak terakhir tiga tahun dan ber-KTP Karanganyar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge