0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Butuh Banyak Wirausahawan

Presiden Jokowi (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net – Kesempatan bisnis di Indonesia dinilai sangat besar. Indonesia masih membutuhkan banyak wirausahawan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, jumlah wirausahawan pada 2017 baru mencapai 3,31 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sementara, standard Bank Dunia adalah sebesar 4 persen.

Dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, jumlah wirausahawan Indonesia juga lebih kecil dari Singapura (7 persen), Malaysia (5 persen), dan Thailand (4,5 persen), serta tidak berbeda jauh dengan Vietnam (3,3 persen).

“Kita masih terbuka lebar, gunakan kesempatan itu dengan cara baru,” kata Presiden Jokowi dalam seminar bernama Enterpreneurs Wanted! 2017 (EW!) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Senin (18/12).

Untuk akselerasi bisnis, lanjutnya, masyarakat bisa memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang pesat. Saat ini, jarak dan waktu sudah tidak menjadi hambatan. Marketplace yang bermunculan harus dimanfaatkan dengan baik.

“Ini kesempatan anak muda untuk terjun ke ruang bisnis yang besar. Digital ekonomi memberikan kesempatan yang besar,” ucapnya.

Pemanfaatan internet juga bisa menjadi media para pengusaha muda untuk belajar banyak tentang elemen penunjang.

“Design dan packaging produk harus diperhatikan betul oleh para pengusaha ini,” tandasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge