0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RSUD Bagas Waras Lacak Hasil Rontgen Pasien yang Tertukar

Kepala Seksi (Kasi) Hukum dan Informasi RSUD Bagas Waras Rahayu Purwanti, dan Direktur RSUD Bagas Waras Limawan Budi Wibawa (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — RSUD Bagas Waras milik Pemkab Klaten berencana menelusuri nama- nama pasien yang diduga tertukar hasil rontgennya. Hal tersebut menyusul keluhan dari keluarga Tuminah (69), warga Dukuh Gentan RT 17/RW 08 Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk.

“Kita belum mengetahui. Kita lihat dulu identitas pasiennya, lalu kita lihat juga ke dokter yang menangani,” ujar Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibawa, Senin (18/12).

Ia menjelaskan, rontgen merupakan salah satu pemeriksaan penunjang dari penegakkan diagnosis. Seperti halnya pemeriksaan laboratorium hingga pemeriksaan CT scan yang merupakan bagian terkecil dari penegakan diagnosis.

“Kita kirim tim untuk segera melacak (identitas pasien) untuk klarifikasi. Setelah itu data kita lihat, termsuk melihat apa penyakitnya,” jelasnya.

Ditanya dugaan hasil rontgen milik Tuminah yang tertukar dan merembet ke pasien pasien lainnya, Limawan enggan menjawabnya. Ia hanya mengatakan, RSUD milik Pemkab Klaten ini sedang sibuk mengikuti proses akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Ketika itu betul- betul terjadi, manusiawi. Kondisi kita capek sedang menyiapkan akreditasi,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge