0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antonius Mengaku Terima Suap di Proyek Hubla

(merdeka.com)

Timlo.net – Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) di Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono mengaku menerima gratifikasi dari proyek pengerukan yang dikerjakan oleh PT Adiguna Keruktama. Tonny menuturkan, uang tersebut diperuntukkan untuk kegiatan operasional.

“Agustus 2016 di sampaikan ATM dengan buku tabungan dan nomor pin dia tulis di kertas dan sudah ada dana Rp 300 juta di buku tabungan tersebut. Pak Tony ini ada ATM ada buku tabungan ada dana Rp 300 juta untuk operasional,” kata Tonny sambil menirukan pernyataan Adiputra alias Yongkie saat menyerahkan ATM, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Sebelum menyerahkan ATM di ruang kerja Tonny sekitar tahun 2015, Adiputra alias Yongkie meminta saran keikutsertaan lelang pengerukan di beberapa pelabuhan. Tonny pun memberi arahan proses ikut serta menjadi peserta lelang.

Kemudian, beber Tonny, dirinya kembali bertemu dengan Adiputra sekaligus penyerahan buku tabungan, ATM beserta pin-nya dan berisi saldo awal Rp 300 juta.

Dia pun mengaku saldonya beberapa kali bertambah setelah mendapat transfer uang masuk dari sebuah rekening sebanyak delapan kali. Rekening tersebut, merupakan rekening milik Adiputra yang kemudian disamarkan atas nama Yongkie.

“Berdasarkan informasi ada 8 kali transfer, berdasarkan BAP saya sebagai tersangka. 7 kali transfer Rp 300 juta, dan 1 kali Rp 200 juta. Total Rp 2,3 miliar,” ungkap Tonny saat menjadi saksi pada persidangan dengan terdakwa Adi.

Pada kesempatan itu pula, Tonny mengatakan pemberian ATM beserta transfer dari Adiputra tidak terlepas sebagai ucapan terima kasih, karena memenangkan tender. Hal tersebut disampaikan Adiputra kepada Tonny pada satu pertemuan.

“Untuk bapak sebagai ucapan terima kasih karena bapak sudah mengajari saya sehingga saya menang tender pengerukan,” ucap Tonny menirukan Adiputra.

[fik]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge