0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sambut Natal, Gereja Ini Bersolek dengan Barang Bekas

Sejumlah anggota OMK tengah merampungkan proses merias wajah gereja untuk menyambut Natal (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Menyambut Hari Raya Natal, ada semangat tersendiri bagi umat kristiani. Seperti yang dilakukan oleh kaum muda katolik (OMK) wilayah Timang Paroki Wonogiri. Dalam menghias gereja, mereka memiliki cara tersendiri bahkan terbilang unik.
“Kegiatan menghias gereja dilakukan bersama-sama, untuk menyambut Natal tahun ini. OMK menghias altar dengan menggunakan barang bekas. Barang bekas berupa botol bekas minuman kemasan dan kertas bungkus semen,” kata Koodinator OMK wilayah Timang Paroki Wonogiri, Wahyu Nugroho, Senin (18/12).
Menurut nya, barang bekas dikumpulkan dari para umat sejak sebulan yang lalu. “Barang bekas ini memang dikumpulkan dari para umat sebagai wujud kebersamaan umat. Memang terkesan sederhana namun itulah semangat yang selalu diajarkan Yesus. Untuk berlaku sederhana dan mencintai alam,” ujarnya.
Dijelaskan, untuk menghias gereja dengan penambahan aksesoris, dibutuhkan sejumlah dana tambahan seperti cat dan lampu. Biayanya tak lebih dari Rp 200 ribu.
“Untuk ukuran gua memang dibuat dua, sekaligus yang kecil, dimana mengambarkan Yesus yang terlahir sederhana dan yang satu lagi untuk mendukung suasana Natal yang berbeda altar tempat Romo memimpin misa juga didesain mirip gua,” bebernya.
Koordinator Dekorasi Gatot Prasetio menambahkan, untuk membuat gua berukuran 8 x 4 meter menghabiskan 1000 sak semen bekas, dan untuk pohon Natal membutuhkan 400 botol bekas.
Mereka berharap dengan desain gua dan pohon Natal barang bekas itu, memberikan nuansa berbeda dan memberikan kebahagiaan bagi para umat yang nantinya merayakan Natal.
“Pengerjaan gua dan pohon Natal ini tidak sesulit yang dibayangkan, dibutuhkan waktu dua minggu untuk mengerjakan secara bersama-sama.” ungkapnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge