0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Vivo Jadi Produsen Pertama Pakai Pembaca Sidik Jari In-Display

Synaptics Multifactor. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Minggu lalu, Synaptics mengumumkan jika mereka mulai memproduksi massal sensor sidik jari in-display mereka. Sidik jari itu disebut Clear ID. Salah satu produsen yang masuk dalam daftar 5 besar akan menggunakan teknologi mereka. Teknologi ini memungkinkan pembaca sidik jari ditempatkan di bawah layar. Kala itu, Synaptics tidak menyebutkan nama produsen smartphone itu. Spekulasi yang beredar menyatakan produsen itu adalah Samsung.

Akan tetapi ternyata perusahaan smartphone itu bukanlah Samsung. Dalam sebuah pemberitaan, Forbes menyatakan jika Vivo adalah perusahaan pertama yang akan memanfaatkan teknologi baru ini. Wartawan yang memberitakan mengaku memperoleh pengalaman langsung melihat pra produksi perangkat Vivo.

Menurut Forbes, penerapan teknologi itu cukup positif. “Pengalaman menggunakan Clear ID cepat dan sederhana—saya menekan tombol sebelah kanan untuk menghidupkan layar, sebuah gambar sidik jari memancar di layar bagian bawah smartphone, saya menyentuhnya dan ponsel terbuka,” tulis Forbes. Media itu memperkirakan jika Vivo akan mengembangkan teknologi itu lebih jauh sebelum dirilis.

Lantas bagaimana dengan Samsung? Perusahaan itu mungkin juga akan menggunakan teknologi itu. Tapi berdasarkan beberapa bocoran foto Galaxy S9, sepertinya Samsung akan menaruh sensor sidik jari di bagian belakang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge