0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sederet Nama Jenderal Polisi Maju di Pilkada 2018

(merdeka.com)

Timlo.net – Sederet nama jenderal polisi ditengarai jadi calon kepala daerah di Pilkada serentak 2018. Setidaknya ada empat nama, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, Kepala Korps Brigade Mobil (Kakorbrimob) Irjen Pol Murad Ismail, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Safaruddin dan Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Anton Charliyan.

Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan bahwa setiap anggota Polri yang akan maju dalam kancah politik Pilkada 2018 harus lapor ke Kapolri Jendral Tito Karnavian. Semua anggota kepolisian yang maju dalam Pilkada wajib mengundurkan dari Korps Bhayangkara setelah penetapan calon pada Febuari 2018.

Khusus untuk Kapolda Kaltim, Irjen Safaruddin tidak perlu mengundurkan diri. Sedangkan tiga jenderal lainnya, yakni Irjen Waterpauw, Irjen Murad, dan Irjen Anton Charliyan tetap harus mengundurkan diri.

“Kapolda Kalimantan Timur, Pak Irjen Pol Safaruddin memang kebetulan Januari pensiun sehingga tidak perlu mengundurkan diri karena memang sudah selesai,” kata Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/12).

Dia menuturkan, institusi Polri tidak mengekang hak politik dari setiap anggotanya untuk ikut dalam kanca pemilihan daerah. Namun, aturan tetap harus ditegakkan dan diterapkan. Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menegaskan bahwa Irjen Murad Ismail sudah dipastikan mundur dari jabatan orang nomor satu di Korps Brimob.

“Iya (Murad) mundur nanti tahapannya ada mekanismenya,” ucapnya.

Polri mengimbau kepada anggotanya yang maju dalam Pilkada 2018 untuk segera mengundurkan diri dari Korps Bhayangkara setelah dipastikan maju dalam arena pertarungan. Ini penting agar kenetralan Polri dalam pemilihan umum tetap terjaga.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge