0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Makanan Tradisional Natal di Seluruh Dunia Bagian 1

Julbord di Swedia. (dok: timlo.net/ theindependent.co.uk)

Timlo.net—Budaya manusia bisa sangat berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Tapi ada satu hal yang menyatukan kita semua: kegemaran untuk makan makanan enak hingga kenyang. Natal menjadi momen untuk orang-orang Kristen (dan mereka yang suka makan makanan enak) di seluruh dunia  untuk menunjukkan  berapa banyak mereka bisa makan. Ada beragam makanan khas yang disajikan saat di Natal di seluruh dunia. Apa saja makanan itu?

Swedia

Sajian khas Natal di Swedia disebut “julbord” atau “meja Natal”. Ada ham Natal, telur rebus dan dibekukan, remahan roti dan mustar. Begitu semuanya siap dan ditata di meja, Anda bisa menikmati “Dopp i grytan” atau mencelupkan di ketel”. Anda mencelupkan sepotong roti ke dalam sebuah kaldu ham yang berlemak. Tambahkan ikan putih rebus, daging asap yang dibumbui dan diacar serta kubis dengan sirup manis berwarna gelap. Sebagai minumannya adalah segelas Glögg (sari anggur), tulis The Independent.

Puerto Rico

Hidangan nasional khas Natal di Puerto Rico adalah lechón, yaitu babi muda panggang. Untuk memanggang babi ini diiperlukan paling dua orang. Prosesnya panjang dan babi itu perlu dibolak-balik. Proses memasak dilakukan di luar ruangan pada pukul 2 pagi.

Selain babi muda panggang, warga Puerto Rico mempersiapkan coquito. Coquito adalah eggnog yang dibuat dengan santan kelapa, susu kental manis dan rum. Versi ringan minuman ini disebut La Danza, atau sampanye yang disajikan dengan jus markisa, jus jeruk, jus lemon, dan jus strawberry.

Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge