0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Peneliti Jepang Kembangkan Kaca yang Sembuhkan Diri Sendiri

Layar retak. (dok: timlo.net/ soranews.com)

Timlo.net—Layar retak mungkin adalah hal yang umum dijumpai pada smartphone. Padahal produsen smartphone sudah berusaha memakai layar yang lebih kuat dan anti retak. Akan tetapi, layar retak atau tergores tetap menjadi masalah yang umum terjadi.

Para peneliti Jepang berusaha mengubah hal ini. Tim dari the University of Japan itu dipimpin oleh Profesor Takuzo Aida. Mereka mengembangkan konsep kaca yang bisa menyembuhkan diri sendiri. Konsep ini bukanlah konsep baru, tulis Ubergizmo. Tapi pengembangan konsep ini sepertinya menjanjikan. Mereka menciptakan zat yang disebut “polyether thiourea”. Zat ini memiliki ketebalan yang sama dengan kaca. Bedanya saat ditekan dan retak, beberapa saat zat itu akan menyembuhkan diri sendiri sehingga terlihat seperti baru.

Sejauh ini, konsep kaca yang bisa menyembuhkan diri sendiri hanya mampu pulih dari goresan kecil. Hal ini berarti, bila goresan atau retakan cukup dalam, maka kaca itu tidak bisa memulihkan diri. “Polyether thiourea” ini juga bisa pulih walaupun hancur dalam kepingan kecil. Bila kepingan disatukan, maka kaca ini bisa pulih lagi.

Penemuan ini bermula saat para peneliti berusaha mengembangkan sejenis perekat baru. Belum diketahui apakah para peneliti berencana mengkomersialkan materi ini. Tapi sejauh ini, materi itu terlihat menjanjikan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge